PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN BLOGDAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATAPELAJARAN MENGANALISA RANGKAIAN LISTRIK KELAS X DI SMKN 1 PADANG

Hanafi Rusli -

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Blog dan konvensional pada mata pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik Kelas X di SMKN 1 Padang.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XTITL di  SMKN 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari kelas XTITL A,XTITL B  dan XTITL C. Dari ketiga kelas ini dipilih secara acak, kelas XTITL A terdiri dari 16 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas XTITL B terdiri dari 16 orang siswa sebagai kelas kontrol.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test).Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran CTL berbantuan Blog memiliki nilai rata-rata (85) yang lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional (74,5). Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh t hitung besar dari pada t tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran CTL berbantuan Blog dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Menganalisa Rangkaian Listrik kelas X di SMKN 1 Padang.

Kata Kunci : perbedaan, CTL berbantuan blog, konvensional


Full Text:

PDF