PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK RUMAH TANGGA (P3LRT) KELAS XI SMK NEGERI 5 PADANG

Adwar . -

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengungkapkan  perbedaan  hasil  belajar  siswa  dalam
pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning  dan  Konvensional  pada  mata  pelajaran
Pekerjaan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga Kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Jenis
penelitian  ini  adalah  quasi  eksperimen  dengan  desain  pretest-postest  group  kontrol. Subjek
penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XI  SMKN  5  Padang  yang  terdaftar  pada  tahun  ajaran
2012/2013  yang  terdiri dari kelas XI L 1, XI L 2 dan XI L 3. Dari ketiga kelas  ini dipilih
secara acak, kelas XI L 1 terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI
L 2  terdiri dari 24 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan  uji  perbedaan  dua  rata-rata  (t-test).  Berdasarkan  hasil  penelitian  ditemukan
bahwa  kelas  eksperimen  yang menggunakan model  pembelajaran CTL memiliki  nilai  rata-
rata  (81)  yang  lebih  tinggi  jika  dibandingkan  kelas  kontrol  dengan  menggunakan  model
pembelajaran  konvensional  (71,17).  Sedangkan  dari  perhitungan  t-test  diperoleh  t  hitung
besar dari pada  t  tabel. Dengan demikian hipotesis  yang dikemukakan dapat diterima  pada
taraf  kepercayaan  95%.  Sehingga  hasil  dari  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  terdapat
perbedaan  hasil  belajar  siswa  dengan metode  pembelajaran CTL  dan Konvensional  dalam
mata pelajaran P3LRT.

Kata Kunci : perbedaan, contextual, pekerjaan perbaikan

Full Text:

PDF