PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM DENGAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMKN 1 PADANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Ade Fayka -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika (DDE), hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran kooperatif tipe listening team dengan konvensional pada mata pelajaran DDE di SMKN 1 Padang dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan subjek penelitian siswa kelas X TITL SMKN 1 Padang yang terdiri dari 3 kelas. Penentuan kelas dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada, yakni terpilih kelas X TITL C sebagai kelas uji coba , kelas X TITL B sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TITL A sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data dengan uji t (t-test) kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung > ttabel (2,345 > 1,16705). Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran kooperatif tipe listening team dengan konvensional, dilihat dari hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol, di mana rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 79,25 dan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 72,68. Pembelajaran kooperatif tipe listening team dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran DDE.

 

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe listening team, konvensional


Full Text:

PDF