PENGARUH STRATEGI TRAINING MODEL TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK SEDERHANA DAN REPARASI ALAT-ALAT LISTRIK SISWA KELAS X SMK N 2 KOTA SOLOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi training model terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV (Teknik Audio Video) di SMKN 2 Kota Solok pada pembelajaran instalasi listrik sederhana dan reparasi alat-alat listrik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMKN 2 Kota Solok, kelas X TAV1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa dan X TAV2 sebagai kelas ekperimen yang terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data pada penilaian menggunakan penilaian kinerja, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Dari hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa kelas menggunakan strategi training model memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa mengunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,21255 >2,0042. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar instalasi listrik sederhana dan reparasi alat-alat listrik menggunakan strategi pembelajaran training model di kelas X TAV SMKN 2 Solok.
Kata kunci : pengaruh strategi, training model, hasil belajar