Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD

Nadila Ulva - Universitas Negeri Padang
Syafri Ahmad - Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this research is to describe the planning, implementation and improvement learning outcomes of students using a problem based learning model in integrated thematic learning in grade IV Elementary School. In this study applying the type of PTK research uses qualitative and quantitative approaches. Where this research was conducted on class IV B SDN 13 Batu Gadang Padang totaling 29 people consisting of 17 male students and 12 female students. The results of the study showed: a). RPP I cycle 86%, cycle II 94,4% b) Implementation on aspects of the teacher the first cycle 82,5%, cycle second 95% c) Implementation on aspects of learners I cycle 85%, cycle II 96,4% d) Learning outcomes students in first cycle obtaines an average score of 72,24, cycle II 83,32.

So that, the problem based learning model can improve student learning outcomes in integrated thematic learning in class IV B SDN 13 Batu Gadang Padang.

Keywords


Model problem based learning, Peningkatan hasil belajar, tematik terpadu

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq. Muhammad. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Penerbit: Pustaka Pelajar.

Andita, Putri, Surya, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6, 1, 41-54 .Issn: 2337-9227.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Arwin. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Quantum Teaching di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, 1-11. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pd

Asep, Jihad dan Abdul, Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Aunurrahman. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Penerbit : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Enik Setyawati Dan Dian Novita (2015). Peningkatan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Siswa Di Kelas V di MI Manbaul Hikmah.Kediri,4,83-94.

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 Di SD ( Teori dan Aplikasi ) Yogyakarta : Diandra Creative

Faisal. 2018. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Meda: CV. Harapan Cerdas

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: An-Ruzz Media.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Refika Aditama

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Iasha. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2 No. 1). 17-36

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Dididk Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, Ali dan Fatimatur,Evi. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Mustamilah (2015) Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL Pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SDN 1 Gosono-Wonosegoro. Scholaria, 5, 92-102.

Nadiah, Wulandari Dan Sjarkawi (2011). Pengaruh PBL Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa 1(1),14-24

Nasrul dan Silviana. (2018). Pengembanagn Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model PBL Di Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 2, 81-92.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Parana Ilmu.

Nurdin,Syafrudin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Parwati, Nyoman dkk. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Depok : Rajawali Pers.

Permendikbud. 2016. Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud

Permendikbud. 2016. Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Syafri Ahmad, Yarisda Ningsih, Risda Amini. 2019. Implementation of Step Polya in the Problem based Learning Model to Improve Learning Outcomes in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series 1387 (2019) 012080

Subyantoro. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Rajawali Pers.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Kencana Pranamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i2.9954