Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN 07 Pasar Salido
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik terpadu adalah saintifik. Proses pembelajaran yang diharapkan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Pendekatan saintifik yang dimaksud untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi secara ilmiah, bahwa informasi berasal dari mana saja, kapan saja, tidak tergantung pada informasi satu arah dari guru.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Januari – Juni tahun ajaran 2019/2020. Dikelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang akan dilakukan ialah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, siklus 1 dengan 2 kali pertemuan Pada Hari Kamis 5 Maret, Kamis 12 Maret 2020 dan siklus II 1 kali pertemuan pada hari Senin 16 Maret 2020.
Hasil penelitian RPP siklus I 77,27 % (B), siklus II 93,18 % (A). Hasil pelaksanaan pembelajaran Aktifitas guru siklus I 80 % (B), siklus II meningkat menjadi 95% (A) dan Aktifitas siswa siklus I 72,5 % (C), siklus II meningkat menjadi 95% (A). Hasil belajar siswa siklus I 59,99 % (C), siklus II meningkat menjadi 88,33 (A).
Keywords
References
Abidin, Zainal. 2015. Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas III dengan Metode Bermain Peran di SD 05 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD 1(1). Padang: FIP UNP
Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Daryanto, dkk. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Faisal. 2014. Sukses Mengawali Kurikulum 2013 di SD (Teori & Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.
Hamzah, B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rajawali Pers
Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Banten : Kata Pena
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Masniladevi, 2017. Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Contextual Teaching and Learaning di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1(2): 87- 98. Padang: FIP UNP
Nuryati, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 24 Pekanbaru. Jurnal Primary 4(2): 176-186. Pekanbaru: FKIP Universitas Riau
Purwanto. 2012. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta Rajawali Press
Saputra, S. 2019. Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Saintifik Di Kelas II SDN 05 Koto Tangah Kec. Tanjung Emas. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(2). Padang: FIP UNP
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Wulandari, Vina., dan Rifda, Eliyasni. 2019. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model PBL di Kelas IV SD. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(6). Padang: FIP UNP
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i1.8653