PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR

Rifqa Aulia - Mahasiswa, Universitas Negeri Padang
Zuardi Zuardi - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Yunisrul YUnisrul -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas III SD Negeri 18 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I 69,6 % dan siklus II 89,2 %,b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 72,5 % dan siklus II 95 %,c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 72,5 % dan siklus II 95 %, d) hasil belajar siswa siklus I77,5  dan siklus II 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn

   

Keywords


Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganegaraan; Numbered Head Together

References


Depdiknas. 2006. Standar Isi KTSP SD. Jakarta: BSNP.

Solehatin, Etin. 2008. Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i12.7560