Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas II SDN 12 Bukik Cangang Kota Bukittinggi
Abstract
scientifict method can increase the integrated thematic learning at elementary school.
Keywords : Integrated Thematic, Scientific Approach.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
-----------------------------. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arjuna, R. (2015). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Tema Keluargaku di Kelas I SD Negeri 06 Kubu Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang (UNP).
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Gauc, Hugh G. (2013) Scientific methode in practice (reprint ed).Cambridge University Press.p.3.ISBN 9780521017084
Hosnan M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
----------------. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Pennelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers
Kurinasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan kurikulum 2013. Kata Pena
Kusuma Wijaya, dkk. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT remaja Rosdakarya Offset.
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
StevenD,Schafersman.http://www.Geo.Sunysb.edu/esp/files/scientific-method. html
Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta. PT Rhineka Cipta
Trianto. 2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Varelas, M and Ford M The scientific method and scientific inquiry: tensions in teaching and learning. (USA: Wiley Inter Science, 2009)
Vina Iasha. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar.(UNJ:AR-RIAYAH VOL 2, NO 1, 2018)
Wardhani , dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Uno, Hamzah B. 2011. Menjadi Peneliti Penelitian Tindakan Kelas yang Profesional. Jakarta: BumiAksara
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i9.6841