PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V

Tessa Arizna -
Elfia Sukma - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Mai Lena - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this research was to describe the improvement of narrative writing skill by Contextual Approachin the fifth grade of elementary school. Types of using research was classroom action research with qualitative and quantitative approach. The research procedure consistend of planning, acting, observing, and reflecting. The research subject was 30 grade. The result of the study showed the average of students result: a) First Cycle in pre-writing 91.1, the writing 63.2, post-writing 62.7, teachers activity 72.7% and students activity  63.6%, b) Second Cycle in pre-writing 94.7, the writing 73.5, post-writing 80.7, teachers activity 95.5% and students activity 95.5%. The conclusions from the result of the research conducted are using the contextual approach could improve the naration writing skills of students in class V SDN 26 Air Tawar Timur Padang City.

 

Keywords : Narrative Essay, Contextual Approach, Elementary School


References


Arikunto, Suharsimi. dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gina, Miftahul Asifa.dkk. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model PWIM (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IV B SD Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabuoaten Sumedang Journal Vol 2 No. 1. (Online). Diakses pada tanggal 01 Juli 2018 di http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/9534/pdf

Lestari, Raran Suci. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV B SDN Wonosari Pasuruan Journal Vol 1 No. 2. (Online). Diakses pada tanggal 01 Juli 2018 di http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=501539

Mahyuddin, M; Desyandri. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Gambar Animasi di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 1(1), 12–28. http://doi.org/https://doi.org/10.24036/0201711100036-0-00

Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

MS, Zulela. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar Journal Vol 1 No. 1 Hal 83-91. (Online). Diakses pada tanggal 01 Juli 2018 di http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/12/953

Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktis dalam Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmatina dan Sukma, Elfia. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Strategi Mind Map di Sekolah Dasar. Journal Vol 1 No. 12. (Online). Diakses pada tanggal 07 Februari 2019 di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/4856/9847

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sailo, Irawati. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning SiswaKelasIV.Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-6. (Online). Diakses pada tanggal 01 Juli 2018 di http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/7006

Shaddono, Khundaro dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukma, Elfia. 2007. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Journal Vol 1 No. 14. (Online). Diakses pada tanggal 02 Februari 2019 di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/6546/17104

Sumiarti dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran: Rumpun Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Wacana Prima.

Taufina.2015. Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia. Padang: Sukabina Press.

Thahar, Harris Efendi. 2008. Menulis Kreatif: Panduan Bagi Pemula. Padang: UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v8i2.5273