PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STM DI SEKOLAH DASAR

Indah Sari - Mahasiswa, Universitas Negeri Padang
Elma alwi - Pembimbing 1
Tin Indrawati - Pembimbing 2

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Ampang Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan pendekatan kulitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 07 Ampang Kota Padang. Hasil penelitian pada setiap siklus menunjukkan peningkatan. PPengamatan RPP pada siklus I  80,35% (SB), Siklus II 96,42% (SB). Aspek guru Siklus I 77,2% (B) pada siklus II  95,83% (SB). Aspek siswa diperoleh 77,2% (B) pada siklus I, Siklus II 95,83% (SB). Hasil belajar siswa siklus I 74, pada siklus II menjadi 85,89 (B). Dapat disim[ulkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar  IPS. Di kelas IV SDN 07 Ampang Kota Padang.

 

Kata kunci:pendekatan STM, Hasil Belajar IPS.

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the Improvement of Student Learning Outcomes in Social Studies Learning Using the Community Science Technology Approach in Class IV of Public Elementary School 07 Ampang, Padang City. This type of research is classroom action research, with a qualitative and quantitative approach. The subjects of this study were students and teachers in grade IV SD Negeri 07 Ampang, Padang City. The results of the research in each cycle showed an increase. PPP observation in the first cycle 80.35% (SB), Cycle II 96.42% (SB). Teacher aspect Cycle I 77.2% (B) in cycle II 95.83% (SB). Student aspects obtained 77.2% (B) in the first cycle, Cycle II 95.83% (SB). Student learning outcomes in cycle I 74, in cycle II to 85.89 (B). It can be concluded that the Community Technology Science approach can improve social studies learning outcomes. In class IV SDN 07 Ampang, Padang City.

 

Keywords: STM approach, Social Studies Learning Outcomes.


References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kunandar. 20011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembanagan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Kunandar.2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam SertifikasiGuru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Poedjiaji, Anna. 2007. Sains Teknologi Masyarakat. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta : PT Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4632