PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH PUISI MENJADI PROSA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE DI KELAS VI SDN 17 BATU GADANG

Muspita Anjelia - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Dra. Ritawati Mahjuddin, M.Pd - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Dr. Farida Fachrudin, M.Pd - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to describe the improvement of skills in turning poetry into prose through the RoundTable type learning cooperative learning model in class VI SDN 17 Batu Gadang, Padang City. This type of research is classroom action research, with a qualitative and quantitative approach. The subjects of this study were students and teachers of class VI SDN 17 Batu Gadang. The results obtained in the form of the average findings of the first cycle to the second cycle are as follows: (1) Pre-writing 74.61% (C) to 81.05% (B) with an increase of 6.44%, (2) Writing 58, 70% (D) to 78.02% (B) with an increase of 19.32%, (3) Post writing 64.39% (C) to 81.05% with an increase of 16.66%. It can be concluded that the RoundTable type cooperative learning model can improve the skill of turning poetry into prose.

Keywords: enhancement, paraphrase poetry into prose, RoundTable model.


References


DAFTAR RUJUKAN

Usman, Raja. 2015. Penggunaan Metode Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Parafrase Puisi ke Prosa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SMP Al-Ittihat Pekanbaru. Jurnal Sorot, vol. 10 nomor 2 Tahun 2015 Universitas Riau

Kagan, Spencer dan Miguel kagan. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Yuliani, tri, dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Cendekia: Jurnal Mahasiswa PGSD 4 (4):2.

Khusna. 2013. Pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojosongo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Safitri. 2014. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil oleh guru bahasa Indonesia dikelas VII SMP laboratorium undiksha. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha 2 (1):2

Mania, Dewi Mutiarah. 2013. Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Map Terhadap Penguasaan Kosakata pada Anak Kelompok B di Raden Paku Kedamean Gresik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak 2 (2):1

Siregar, Tiarnita M.S. 2016. Menganalisis Kalimat Pada Anak Usia Dini (2-3 Tahun/Siswa Play Group). Jurnal Bahas UNIMED Vol 27 No 1 Tahun 2016.

Taufina dan Mayarnimar. 2017. Validity Analysis of the VARK (visual,Auditory, Read-Write, and Kinesthetic) Model-model Based Reading and writing Instructional Material for the 1st Grade students of Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research Volume 118

Mansur, HR. 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi. Artikel E-Buletin edisi Februari 2015.

Afryaningsih, Yunika. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Fiksi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Pontianak Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Azhari. 2017. Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Imajinasi Terhadap Keterampilan Bercerita pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak 1 (2): 93-111

Putu, Pradana. 2008. Penerapan Metode Kooperatif Tipe RoundTable dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPN I Sleman. Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY 3 (2)

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Puspitasari, Yeti. 2014. Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Yulina. 2017. Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca. Jurnal Suara Guru 3 (2)

Sari, Ambar Wulan. 2016. Pentingnya keterampilan mendengar dalam menciptakan komunikasi yang efektif. Jurnal EduTech Vol. 2 No. 1 Maret 2016

Suhanda. 2017. Pengaruh pemberian kekuatan dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Anak Tuha Lampung Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4345