Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share di Kelas V Sekolah Dasar

Lulu Fatinnisa - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Harni Harni - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Elfia Sukma - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this research is to describe the improvement of narrative writing skill by Think Pair Share models at grade V student of Elementary School. The type of research is PTK by using qualitative and quantitative approach. This research was conducted at SDN 10 Bandar Buat, Padang city with a total of 30 students consisting of 12 male students and 18 female students. The result of the narrative writing skill in the pre-writing at cycle I 76,3 increases on cycle II 91,6. The writing phase in the first cycle 69,6 increased in the second cycle 83,5, the post-writing phase cycle I 69,6 increases in cycle II 83.5.

 

Keywords: Writing,Narrative,Think Pair Share (TPS)


References


Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata pena.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang - Ruang Kelas. Jakarta: PT.Grasindo.

Soni, Iranda B. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa V SD Inpres Mayayap Dalam Menulis Karangan NarasiMelaluiModelPembelajaranKooperatif.http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3759 diakses 20 Mei 2018.

Subana dan Sunarti . 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Elfia. 2005. Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/7005 di akses 20 Oktober

Suparno dan Mohammad Yunus. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT.

Tarigan. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Trianto.2011. Model-Model Pembelajaran InovatifBerorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Vieriani, Yuniarti, dkk. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas V SDN 15PontianakSelatan.http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/463 diakses 20 Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4314