PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS IIA SDN 23 MARAPALAM KOTA PADANG

Putri Shintia -
putri shintia - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Elfia sukma - pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Risda Amini - pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to describe the students’ intensive reading skill through the use of the SQ3R method in Grade III A of Elementary School Number 23 Marapalam, Padang. This is a classroom action research with qualitative and quantitative approaches. The object of this study is the class teacher and 32 students of Grade III A of Elementary School Number 23 Marapalam, Padang. The findings show that the students’ intensive reading skill increased from 56,48% with 25% completeness percentage in Cycle I Meeting I to 70.12% with 56,25% completeness percentage in Cycle I Meeting II to 87,5% with 75% completeness percentage in Cycle II. The percentage increase from Cycle I to Cycle II is 30.1%. Thus, it is concluded that the SQ3R method can improve the intensive reading skill of Grade III students of Elementary School.

                                               

Keywords: Intensive Reading Skill; SQ3R Method


References


Amini, R. (2016). Effect of The Use of Project Based Learning and Motivation for Learning Outcomes for Elementary School. Research Report. (diakses 22 Oktober 2018)

Amini, R., Munandar, A., & Indonesia, D. S. P. U. P(2010) Keterampilan Calon Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Berbasis Outdoor. (diakses 22 Oktober 2018)

Amini, R. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 34-39. (diakses 22 Oktober 2018)

Amini, Risda. 2015. Pengaruh Penggunaan Project Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa V SD. Prosiding Seminar Nasional pendidikan Biologi 2015: Universitas Muhammadiyah Malang (diakses 22 Oktober 2018)

Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Krismanto, Wawan. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. UPP PGSD Parepare Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Terdapat dalam http://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/, (diakses 13 Februari 2018)

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Pujana, Widya Arta. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Terdapat dalam http://download.portalgaruda.org/article.php/, (diakses 14 Februari 2018)

Sari, Ika Purnama. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Intensif. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Terdapat dalam http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/, (diakses 14 Februari 2018)

Sukma, Elfia Binti Bachtiar dan Ahmad Johari Sihes. (2016) Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Gramatika Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Terdapat dalam http://ejurnal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/1395/0, (diakses 13 Maret 2018)

Taufina. 2016. Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: Angkasa Bandung.

Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliani, Novia. (2013). Penerapan Strategi SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Terdapat dalam http://ejournal.unesa.ac.id/jurnal/jurnal-penelitian-pgsd/article/3137/penerapan-strategi-sq3r-untuk-meningkatkan-keterampilan-membaca-intensif-siswa-kelas-iv-sekolah-dasar, (diakses 20 Februari 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4241