PERUBAHAN HASIL BELAJAR PECAHAN DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAM DAN NHT DI SEKOLAH DASAR

dilla mahdalena - Padang State University
Dilla Mahdalena - Mahasiswa Padang State University
Yanti Fitria - Pembimbing 1 Padang State University
Melva Zainil - Pembimbing 2 Padang State University

Abstract


This research purpose to compare of the cooperative learning models of the Make A Match type and Numbered Heads Together type to the fractional learning outcomes. This research is an experimental research design with Quasi Exsperimental with pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. The sample in this research is class IV1 and IV2. The calculation result of research data used was obtained t-test to= 8,92135 > 1,67469 = table at α level of 0.05. With it can be concluded that there is significant comparison between cooperative learning models Make A Match type and Numbered Heads Together type to the fractional learning outcomes of class IV SD IV Gugus IV Padang Utara.

Key Word : MAM, NHT, Fractional Learning Outcomes 


References


DAFTAR RUJUKAN

Amalia, NF. 2013. Keefektifan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Model CPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar. Jurnal Kreano. Vol.4 No. 2, Hal. 151-158. Diperoleh di https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/10713/7095

Ahmad, S., & Ali, M. B. B. (2016). Model Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 1-11. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/190

Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2017, December). The instruments of higher order thinking skills. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 943, No. 1, p. 012053). IOP Publishing. http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/943/1/012053/pdf

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arny SN. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Indera Manusia menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Numbered Head Together di Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Skripsi. Abstrak diterbitkan. Medan: UNIMED. Diperoleh dari http://digilib.unimed.ac.id/11187/2/409341005%20ABSTRAK.pdf

Astimar, N., & Indrawati, T. (2014). Penggunaan Model Pbl Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar x Tanah Datar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 98-108. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4318

Ayuningtyas. (2014). Perbandingan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Tipe NHT dan MM. Diperoleh dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article

Destiningsih. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Sosial Siswa Pada Kelas X SMK di Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Journal Ilimiah Pendidikan Matematika (JPIM), (Vol 2 No. 1). Diperoleh dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/499/460

Febriana S. 2015. The Difference Of Learning Outcomes And Student’s Activities Using Cooperative Learning Model Type Make A Macth And Numbered Head Together (NHT) On Environmental Polution In Grade X SMA NEGERI 6 MEDAN T.P 2014/2015. JURNAL PELITA PENDIDIKAN VOL.3NO.4, Hal. 87-97. Diperoleh dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/viewFile/3995/7341

Fitria, Y., Permanasari, A., Sudargo, F., & Sopandi, W. Elementary Teacher Student Perspective to Natural Science Learning as Accomodate Effort of Need Study Capability. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.677.123&rep=rep1&type=pdf

Fitria, Y. (2016). Refleksi Pemetaan Pemahaman Calon Guru SD Tentang Integrated Sains Learning. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 82-87. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/174

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/8605/6608

Anastaha, D. A., Fitria, Y., & Irdamurni, I. (2018). The effect of inquiry learning toward 5th grade students’ understanding on sciences based on motivation in padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(3). http://bk.ppj.unp.ac.id/index.php/aiptekin/article/viewFile/144/5

Handoyo R. (2014). Perbedaan Metode Make a Match Dan Index Card Match dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII DI MTs YAPI PAKEM. Skripsi. Online. Diperoleh di https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/635/498

Huda, M. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Meltzer, D.E. (2002). “The Relationsip Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores”. American Journal of Physics. 70(7).

Penney, U. (2012). Psikologi Perkembangan. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Rahmayanti, IDS. 2017. Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri Diwak. Jurnal UNION Vol. 5 No. 3, Hal. 209-218.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori praktik dan penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardin. (2015). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Gi dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Peluang, Kemampuan Penalaran, dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. PYTHAGORAS Journal Vol 10 No. 2 Hal 189-200. (Online). Diakses pada tanggal 30 Januari 2018 di https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9158/pdf

Santrock, JW. (2012). Life-Span Development. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syachruroji, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Ekspositori pada Konsep Energi. JPSD Vol. 2 No. 2, Hal. 181-191. Diperoleh di http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/797/631

Yudrik, J. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Zainil, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Balai–Balai Kota Padang Panjang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 77-87. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/239




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4155