PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH PUISI KE DALAM BENTUK PROSA MENGGUNAKAN METODE HYPNOTEACHING DI KELAS VI

Sari Ramadhani - Mahasiswa Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this study was to describe the improvement of skills in changing poetry into prose using the Hypnoteaching method in the sixth grade of elementary school. This type of research is PTK using qualitative and quantitative approaches. This research was carried out at SD Negeri 35 Parak Karakah, Padang City with a total of 23 students consisting of 12 male students and 11 female students. In Pre-Writing Cycle I obtained an average score of 48.9 (K), increasing in cycle II to obtain an average score of 89 (SB), at the writing stage of the first cycle, the average value of 49 (K) was increased in the second cycle to obtain a score on average 83 (B), in the post-writing phase of cycle I, the average value of 49 (K) increases in cycle II, obtaining an average score of 83 (SB).

 

Keywords: Increased, changing poetry into prose, hypnoteaching method. 

References


DAFTAR RUJUKAN

Basrowi, Suwandi. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta

Ega dan Shinta.2016.Menjadi Guru Hebat dengan Hypnoteaching.Yogyakarta:Kata Pena.

Emzir.2011.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.Jakarta:Raja Wali Press.

Enriko dan Yogi.2012.”Peningkatan Motivasi Belajar Fisika dengan Metode Hypnoteaching pada Siswa SMA Negeri 1 Bojong Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Pembelajaran Vol 2 no 1.

Khusna. 2013. Pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3Mojosongo. (http://eprints.ums.ac.id/24619/13/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf) diakses pada tanggal 17 Agustus 2018.

Mansur, HR. 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Appersepsi. (http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/327_Menciptakan%20pembelajaran%20efektif%20melalui%20apersepsi.pdf) diakses pada tanggal 3 Agustus 2018.

Pertiwi.2014.Hypnoteaching untuk Paud dan TK.Jogjakarta:Diva Press.

Rohati.2011.”Strategi Pembelajaran Keterampilan Bahasa Terpadu dengan Teknik Parafrase Untuk Meningkatkan Kemampuan Apresiasi dan Menulis Puisi”.Jurnal Edisi Khusus no 2, Agustus 2011.

Salmiati.2015.”Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping”.Jurnal Pelangi Vol.8 No.1 Desember 2015(87-103).

Sari. 2016. Pentingnya keterampilan mendengar dalam menciptakan komunikasi yang efektif. (https://media.neliti.com/media/publications/54775-ID-pentingnya-ketrampilan-mendengar-dalam-m.pdf) diakes pada tanggal 17 Agustus 2018.

Sri.2014.Pengaruh Penerapan Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Suhanda.2017.Pengaruh pemberian kekuatan dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Anak Tuha Lampung Tengah. (http://digilib.unila.ac.id/26278/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf) diakses pada 3 Agustus 2018.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tatta.2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif.Jural Forum Pendagogik.(Vol.06,No.02 138).

Yustisia.2016.Hypnoteaching.Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4114