PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS V SD

Gita Yolanda - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Gita Yolanda - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Ritawati Mahjuddin - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Nelly Astimar - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this research is to describe the improvement of narrative writing skill by using experiental learning models at grade V student of Elementary School. The type of research is PTK by using qualitative and quantitative approach. This research was conducted at SD Negeri35 Parak Karakah, Padang city with a total of 22 students consisting of 10 male students and 12 female students. The result of the narrative writing skill in the pre-writing at cycle I 57,8 (C) increases on cycle II 87,5 (SB). The writing phase in the first cycle 48,8 (K), increased in the second cycle 79,7 (B), the post-writing phase cycle I 58,3 (C) increases in cycle II 84,3 (B).

 

Keywords: Increased, narrative writing, experiental lerning model. 

References


Cahyani, Isah.2012. Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Pendi-dikan Dasar SPS UPI.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pres.

Khusna. 2013. Pengaruh minat bela-jar dan kehadiran siswa terha-dap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojosongo. (http://eprints.ums.ac.id/24619/13/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf) diakses pada tanggal 3 Agustus 2018.

Mansur, HR. 2015. Menciptakan Pem-belajaran Efektif Melalui Ap-persepsi. (http://www.lpmpsulsel.net/v2/attach-ments/327_Menciptakan%20pembelaja-ran%20efektif%20melalui%20apersepsi.pdf) diakses pada tanggal 3 Agustus 2018.

Safitri. 2014. Keterampilan membimb-ing diskusi kelompok kecil oleh guru bahasa Indonesia dikelas VII SMP laboratorium undiksha. (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=163455&val=1349&title=Keterampilan%20Membimbing%20Diskusi%20Kelompok%20Kecil%20Oleh%20Guru%20Bahasa%20Indone-sia%20di%20Kelas%20VII%20SMP%20Laboratorium%20Undiksha) diakses pada tanggal 5 Agustus 2018.

Sari. 2016. Pentingnya keterampilan mendengar dalam menciptakan komunikasi yang efektif. (https://media.neliti.com/media/publications/54775-ID-pentingnya-ketrampilan-mendengar-dalam-m.pdf) di-akes pada tanggak 5 Agustus 2018

Subana dan Sunarti .2011. Strategi Be-lajar Mengajar Bahasa Indo-nesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kuali-tatif dan R&D. Bandung: Alfa-beta.

Suhanda. 2017. Pengaruh pemberian kekuatan dalam proses pembe-lajaran terhadap motivasi bela-jar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Anak Tuha Lampung Tengah. (http://digilib.unila.ac.id/26278/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf ) diakses pada tanggal 3 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3917