PENINGKATANHASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKANMODEL KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHAREDIKELAS IV SEKOLAH DASAR

ratna elisaputri - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Desyandri Desyandri - Pembimbing 1 Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan observasi di kelas IV SD Negeri 56 Anak Air, pada saat menyampaikan materi pelajaran IPS guru masih mendominasi pembelajaran dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran dengan kata lain pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dan belum sesuai dengan yang diharapkan.  Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair share.Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2017/2018. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Siklus I dilaksanakan Dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuandengan 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 56 Anak Air. Hasil penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran IPS. (1) Dari hasil pengamatan RPP pada siklus I dengan persentase 82,14% dan siklus II  89,28%, (2) Pelaksanaan  aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 76,13% dan siklus II 88,63%, dan pelaksanaan aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,31% dan pada siklus II 81,81%, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 60,5 pada siklus I meningkat menjadi 73,4 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 56 Anak Air  Kota Padang.



DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3742