PENINGKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MENGGUNAKAN STRATEGI POLYA DI SEKOLAH DASAR

umar umar - MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
umar umar - MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
MASNILADEVI MASNILADEVI - pembimbing 1 UNIVERSITAS NEGERI PADANG
TIN INDRAWATI - pembimbing 2 UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Abstract


The purpose of this research is to describe the improve learning problem solving about the story question of fractions by using Polya strategi at class IVA SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang. Research subjects were teachers (practitioners) and 32 students. The type of this research is classroom action research. Based on the results of the study, that learning using Polya strategi can improve learning outcomes about the story of  fractions at class SD IVA Negeri 23 Marapalam Kota Padang, Namely (a) Observation of RPP 75% with kualifikasi enough (C) becomes 96.4% (SB) with kualifikasi very good. (b) Teacher aspect 77,7% with kualifikasi  good (B) becomes 94.5% with kualifikasi very good (SB). (c) Student aspect 75% with kualifikasi enough (B) becomes 94.5% with kualifikasi very good (SB). (d) Student learning outcomes 74,7 with kualifikasi enough (C) becomes 88.4 with kualifikasi very good (SB)


References


Ahmad Sutanto.2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Hamzah B. Uno.2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Masniladevi. 2017. Keterampilan Berfikir Kritis Menggunakan Model Contextual Teaching and Learaning di Sekolah Dasar. Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar. ISSN 2579-3403 Vol 1. Nomor 2 (diakses tanggal 20 Mei 2018)

Marsudi. 2011. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Di Sekolah Dasar. Yogyakarta : P4TK matematika.

Marsudi. 2011. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Di Sekolah Dasar. Yogyakarta : P4TK matematika.

Ngalim Purwanto. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2014. Peneletian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Tin Indrawati. 2015 . Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme di kelas V Sekolah Dasar. Vol XV. No.1 (diakses tanggal 20 Mei 2018 )




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3658