PENGARUH PEMBUATAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) KELAS V SDN 54 ANAK AIR KEC. KOTO TANGAH PADANG

Afriani Hajjiah - Mahasiswa, Universitas Negeri Padang
Mayarnimar nimar - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Reinita Reinita - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) yang masih didominasi oleh guru dalam penyampaian materi pembelajaran serta sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembuatan Mind Mapping terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn).

Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksprimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60. Teknik analisis data dalam penenlitian ini menggunakan uji prasyarat yang berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata nilai pretest sebesar 56.26 untuk kelas eksperimen sebesar 64.13 untuk kelas control. Rata-rata nilai posttest sebesar 80.8 untuk kelas eksperimen dan sebesar 72,4 untuk kelas control. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung>ttabel (3,019> 1,67), pada taraf signifikan 0,05.

 

Kata Kunci : Mind Mapping, Pembelajaran PKn

 

Abstract

 

This research aims to determine the effect of the use of Mind Mapping on the results of learning Pkn five grade students SD Negeri 54 Anak Air Kec. Koto Tangah Padang. This research is a type of experimental research in the form of Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique using total sampling technique with the sample number 60 students. This is evidenced from the results of t-test with significance level of 5% obtained tcount (3,019> 1,67155). The result of Civic learning obtained by the experimental group is higher than the control group, it is shown from mean 80,8 and the mean obtained by the control group is 72,4.

 

Keyword : Mind Mapping, Civict Studies

References


Buzan, Tony. 2004. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2006. KTSP Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Irianto, Agus. 2008. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan:Media Persada.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3639