PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPS DI SD

Maryam Khoiriyah - Universitas Negerii Padang
Yalvema Miaz - Universitas Negeri Padang
Tin Indrawati - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V di SD Gugus 2 Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasi eksperimen. Pengambilan data sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 44orang, dengan jumlah populasi sebanyak 147 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh t hitung > t tabel yakni 6,3345 > 1,68195 dengan α=0,05 berarti Ho ditolak, sehingga Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V di SDN Gugus 2 Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

Kata kunci : model Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, IPS

References


Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:Ghalia Indonesia

KTSP. 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Martono, Nanang. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Racmah, Huriah.2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandunh;Alfabeta

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kecana

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3634