Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Examples Non Examples pada Siswa Kelas IV SD

Mirdhatul Husnah - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Mirdhatul Husnah - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Ritawati Mahjuddin - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Mansurdin Mansurdin - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of the study was to describe the improvement of narrative writing skills using Examples Non Examples models in fourth grade students of SD Negeri 04 Pisang, Padang city. The research subjects were as many as 26 teachers as observers, researchers, and fourth grade students consisting of 11 women and 15 men. The results of the pre-writing phase of the cycle I obtained an average score of 51.4% increased to 88.9% in the second cycle. The results of the research in the writing phase of cycle I obtained an average value of 49.4% increased to 80.57% in cycle II. The results of the research in the first cycle in the post-writing phase of cycle I obtained an average value of 54.4% increased to 87.18% in cycle II. It can be concluded that Examples Non Examples models can improve students' narrative writing skills in elementary school.

 Keywords: narrative writing,Examples Non Examples.

References


Dalman. 2015. Keterampilan menulis. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Istarani .2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : CV ISCOM.

Khusna. 2013. Pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojosongo. (http://eprints.ums.ac.id/24619/13/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf) diakses pada tanggal 25 Mei 2018

Mansur ,HR. 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Appersepsi. (http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/327_Menciptakan%20pembelajaran%20efektif%20melalui%20apersepsi.pdf) diakses pada tanggal 10 mai 2018.

Safitri. 2014. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil oleh guru bahasa Indonesia dikelas VII SMP laboratorium undiksha. (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=163455&val=1349&title=Keterampilan%20Membimbing%20Diskusi%20Kelompok%20Kecil%20Oleh%20Guru%20Bahasa%20Indonesia%20di%20Kelas%20VII%20SMP%20Laboratorium%20Undiksha) diakses pada tanggal 25 Juli 2018.

Sari. 2016. Pentingnya keterampilan mendengar dalam menciptakan komunikasi yang efektif. (https://media.neliti.com/media/publications/54775-ID-pentingnya-ketrampilan-mendengar-dalam-m.pdf) diakes pada tanggak 25 Juli 2018

Suhanda. 2017. Pengaruh pemberian kekuatan dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Anak Tuha Lampung Tengah. (http://digilib.unila.ac.id/26278/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf ) diakses pada tanggal 11 mai 2018.

Sukma, Elfia, dan Rahmatina . 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan menggunakan stategi mind map di sekolah dasar.PGSD FIP UNP Padang.(http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4856/3815) diakses pada tanggal 10 maret 2018.

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3584