PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARANTHINK TALK WRITE (TTW)

Muh Firdaus - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Elfia Sukma - Pembimbing 1 Universitas Negeri Padang
Zainal Abidin - Pembimbing 2 Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran karangan narasi di kelas V SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran karangan narasi dengan model pembelajaran Think Talk Write. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Hasil penelitian ini menggambarkan hasil pembelajaran karangan narasi pada saat pra menulis, saat menulis dan pasca menulis meningkat. Kesimpulannya, model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis karangan narasi siswa pada siswa kelas V SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Kata kunci : Model TTW, Karangan Narasi

Abstract

 The research is motivated by the results of student learning on narrative essay learning in 5th grade SDN 06 Padang Besi Lubuk Kilangan District Padang City was still low. The purpose of this research is to improve student achievement in learning narrative essay with Think Talk Write model. The subject of this research was the teacher and students of grade 5th at SDN 06 Padang Besi, Lubuk Kilangan District, Padang City. The results of this study illustrate the learning outcomes of narrative writing at the time of writing, while writing and post writing is increased. The conclusion, Think Talk Write’s model can improve the learning result of narrative writing in 5th grade at SDN 06 Padang Besi, Lubuk Kilangan District, Padang City.

KeyWords : Think Talk Write Model, NarrativeEssay



References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Bogdan, Robert C. Dan Steven J. Taylor. (1992). Introduction to Qualitative Research Methotds : A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons, Surabaya, Usaha Nasional.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Raja Grafindo

Elfia,S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Sumbersari III Malang dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negri Padang (Volume 14 Nomor 1 Tahun 2017)

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Pelajar

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajawali Pers

Ritawati,M, Elfia,S, Mansur. (2017). "Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Gambar Animasi di Kelas IV SD" . Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negri Padang (Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017)

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media

Suparno, Muhammad Yunus. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angka




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3560