PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS

Anggun Sari - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Arwin Rasyid - Pembimbing 1 Universitas Negeri Padang
Rifda Eliyasni - Pembimbing 2 Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IVA SD Negeri 29 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share dalam pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SD Negeri 29 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian ini menggambarkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulannya, model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 29 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dalam pembelajaran IPS.

 

Kata Kunci: hasil belajar IPS ; model TPS

 

Abstract

 

The background of this research was student’s achievement in learning social science of 4Ath grade at SD Negeri 29 Batang Anai Padang Pariaman Regency was still low. The aim of this research was to improve student’s achievement in learning social science by using Think Pair Share model. The subject of this research was the teacher and the student’s of 4Ath grade at SD Negeri 29 Batang Anai Padang Pariaman Regency. The results of the research shows that there is an improvement in planning, implementing and student’s achievement. It can be concluded that Think Pair Share model can improve students’s achievement in learning social science of 4Ath grade at SD Negeri 29 Batang Anai Padang Pariaman Regency.

 

Keywords: achievement in learning social science ; TPS model


References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Baswori. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Candra. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Madiun: IKIP PGRI. Vol:5 No:2 Tahun2015. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/download/280/252

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2007. Integrated Learning. Pekanbaru: Falah Production.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Moleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Purwanto, Ngalim. 2013. Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran.. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Akasara.

Yupita, Ina Azariya & Tjipto Waspodo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Surabaya: UNESA. Vol:01No:02Tahun2013.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/5171/18/article.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3558