PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS V DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas V SDN 23 Ujung Gurun. Jenis penelitian adalah quasy experiment dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus 1 Kecamatan Padang Barat kota Padang. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh sehingga thitung > ttabel dengan thitung = 2,149 dan ttabel = 1,66 maka hipotesis H1 diterima.
References
BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi
Dwi Ningtias, Andesty. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar dan Nilai Karakter Matematika Siswa Kelas V SDN 05 Kota Bengkulu. http://repository.unib.ac.id/8781/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-and.FK.pdf(online) diakses tanggal 15 Juli 2017.
Fathurrohman,Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Fitriana,Hany. 2010. Pengaruh Pendekatan Realistik Matematika terhadap Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika Siswa V.http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1047/1/98042HANNY%20FITRIANA-FITK.pdf. (online) diakses tanggal 15 Juli 2017
Lestari, Karunia Eka & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3529