HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

helvi maryah - State University of Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 102 siswa dan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik sampling yaitu propotional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu angket kebiasaan belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika siswa tergolong sedang.  Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai r hitung daripada nilai r tabel, yaitu 0,820 > 0,218. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar matematika, siswa kelas IV


References


Amini, Risda. 2015. Pengaruh Penggunaan Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal FKIP UMM. Online. Diakses dari http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/499/723 pada tanggal 8 Agustus 2018

Amini, Risda. 2016. Effect of the Used of PJBL and Motivation for Learning Outcomes for Elementary School. Jurnal FKIP UMM. Online. Diakses dari http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/499/723 pada tanggal 8 Agustus 2018

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayati, Anisah Kauniyah. 2016. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal PGSD Universitas Negeri Yogyakarta (Edisi 31 Tahun Ke-5). Hlm. 1-12

Onosha Kpokaiye E, Odiri. 2015. Relationship of Study Habits with Mathematics Achievement. Jurnal of Education and Practice, Delta State University, Abraka, Nigeria (Vol 6, No.10).

Rohman MS, Abdul. 2012. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran Matematika di Gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id pada tanggal 2 Agustus 2017

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Zakiyah, Anna Fatchiyatuz. 2016. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN Gugus Muwardi Kecamatan Kaliwungu. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/24385/1/14101412340.pdf pada tanggal 20 Februari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3481