Perbedaan Hasil Belajar Tema 9 Subtema 1 Antara Model Problem Based Learning dan Pembelajaran Konvensional

Chika putri - Mahasiswa Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan IPA siswa antara model Problem Based Learning (PBL) dengan Pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain two-group posttest-only design. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IVA dan IVB SDN 07 Teladan Bukittinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas model PBL sebesar 90 dan kelas Pembelajaran Konvensional sebesar 75,7. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) pada posttest diperoleh thitung (3,29)> ttabel (1,668). Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) dengan Pembelajaran Konvensional.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Konvensional 

 




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3410