PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 16 Tanjung Aur Kota Padang masih rendah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 16 Tanjung Aur Kota Padang. Hasil penelitian ini menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulannya, model Cooperative Learning tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 16 Tanjung Aur Kota Padang dalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Hasil Belajar; Pembelajaran IPS; PAP
ABSTRACT
The background of this research was students’ achievement in learning social science of 5th grade at SD Negeri 16 Tanjung Aur Padang was still low. The aim of this research was to improve student’s achievement in learning Social Science by using Cooperative Learning Picture and Picture model. The subject of this research was the teacher and the student of 5th grade at SD Negeri 16 Tanjung Aur Padang. The result of the research shows that there is an improvement in planning, implementing and students’ achievement. It can be conclude that Cooperative Learning Picture and Picture model can improve studens’ achievement in learning Social Science of 5th grade.
Keywors: Learning Outcomes; Sosial Sciences; PAP
References
Asma, Nur.2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang:UNP Press
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Bandung: Alfabeta.
Isjoni. 2007. Integrated Learning. Pekanbaru: Falah Production
Jihad, Asep. Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kunandar.2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press
Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya
Rachmah, Huriah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sapriya. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3409