PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW DENGAN NHT DI SD

Kenny Rahayu - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Yunisrul Yunisrul - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Melva Zainil - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The objective of this  research is to find out difference result of math study between cooperative model  jigsaw type and NHT type. Type of this research is an experiment using quasi experiment design with pretest-posttest non-equivalent group. The total sample of research is 32 students in VA and VB class from SDN 10 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman,  whuch was selected by purposive sampling technique. Based on the results of data analysis using  t-test at a significance level of 0.05 where t count> t table is 3.0712> 1.69726 it can be concluded that the differences result between math study using cooperative model jigsaw type with NHT type.

 

Keywords : Study result, Math,  Jigsaw,  NHT.


References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Fatmawati, Diah Noviana. 2015.”Keefektifan Model Jigsaw Terhadap Minat dan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Ranjingan Banyumas”.Skripsi tidak diterbitkan.Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mujiani, Dwi Safitri. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Pendidikan Dasar (Volume 7 Edisi 2). Hlm. 199-209

Pranata, Angga. 2013.”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Cahaya”.Skripsi tidak diterbitkan.Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Rosidalia. 2014.Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw dan Model Pembelajaran Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS N 1 Kota Makassar. Skripsi.Makassar : UIN Alauddin Makassar.

Suyati, Chatarina. 2016. Identifikasi Sifat-sifat Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Menengah (Vol.6, No.2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3358