PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALIISTIK INDONESIA (PMRI) DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR

Husnul Khatimah - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penggunaan pendekatan PMRI dalam pembelajaran geometri di Sekolah Dasar dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep dalam pembelajaran. Pendekatan  PMRI dapat membuat siswa lebih aktif dan interaktif dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar geometri siswa kelas IV di Sekolah Dasar Wilayah III ABTB Kota Bukittinggi.

            Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Rujukan 04 Birugo, Kota Bukittinggi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa keelas IV SD Negeri Wilayah III ABTB Kota Bukittinggi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu sebanyak 7 SD. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol adalah berdasarkan uji prasyarat analisis. Kelas IV B ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV C SD Rujukan 04 Birugo sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji n-gain dan uji-t.

   Berdasarkan hasil posttest diperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan PMRI adalah 84,43 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional adalah 72,23. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung sebesar 2,489 dan ttabel sebesar 2,00172. Maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji n-gain terhadap nilai posttest pada kelompok eksperimen yaitu 0,543 dan pada kelompok kontrol yaitu 0,16.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap hasil belajar geometri siswa kelas IV SD Negeri Wilayah III ABTB Kota Bukittinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3319