PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DENGAN PENDEKATAN INKURI DI SEKOLAH DASAR

Irma Putri - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Irma Putri - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Faridas Faridas - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Nasrul Nasrul - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The problem in this research is the less able teachers to develop the learning approach that can activate the students optimally in the learning process. The purpose of this research is to describe and get information about the improvement of IPS learning result by using Inquiry approach. The subjects of the study were students of class IV, amounting to 20 people. The type of research used is classroom action research. Data were collected using an observation sheet and a table of notes. The result of this research is the increase of the average grade value from 73,5 in cycle I to 83 in cycle II. So it can be concluded in this study is to use inquiry approach in learning IPS can improve student learning outcomes   

Keywords: IPS Learning Outcomes, Inquiry Approach


References


Aditya Putra. 2015. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Kota Semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan

Asep.2008.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Delviana. 2016. Penerapan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak diterbitkan

Depdiknas.2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Dimyati dan Mudjiono. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti, P2LPTK

Etin Solihatin.2006.Cooperative Learning Implementasi Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Hasna Ariana . 2015. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Dengan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak diterbitkan

Igak Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : UT

Indah Cahaya . 2015. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV Dengan Pendekatan Inkuiri di Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak diterbitkan

Kunandar. 2007. Guru Profesional Impelentasi Kurikulum Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nana Sudjana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudarwan Danim. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Tematik Terpadu . Jakarta : Bumi Aksara

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2918