Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Picture and Picture Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Picture and Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis nararsi di kelas V SDN 17 Kecamatan 2 x 11 Kayutanam. Subjek penelitian ini adalah peneliti selaku guru yang mengajarkan, dan siswa yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran pada siklus I yaitu 75 meningkat menjadi 90 pada siklus II, sedangkan hasil penelitian terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I yaitu 75 meningkat menjadi 90 pada siklus II. Hasil belajar siswa pada tahap prapenulisan 66,34 meningkat menjadi 78,65, tahap penulisan 68,26 meningkat menjadi 79,13, tahap pascapenulisan 76,44 meningkat menjadi 86,59. Dapat disimpulakan bahwa model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis narasi di Sekolah Dasar.
Kata kunci : Menulis, narasi, model, Picture and Picture
References
DAFTAR RUJUKAN
Agus, Suprijono (2010). Cooperatif Learning. Yogjakarta:Pustaka Pelajar
Aini, Ibunda (2007) Membaca dan menulis Seasyik Bermain. Bandung: Miza.
Dalman (2015) Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Imas Kurniasih dan Berlin Sani (2015) Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena
Mailisa Wiyanti (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan narasi Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Picture and Picture. Padang: Universitas Bung Hatta
Nur Fitriayana, dkk (2016) Penerapan Metode Picture and Picture Dan Permainan Jelajah Eyd Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. PGSD UPI : Sumedang
Ritawati, dkk (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Gambar Animasi di Kelas IV SD. Padang: UNP
Online:http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/issue/archive
Ritawati, dkk (2007) Hand Out Mata Kuliah Metodologi Peneltian Untuk Mahasiswa Asrama PGSD UNP. Padang. UNP
Sadiman (2007) Model Pembelajaran Picture and Picture. (Online) (http://www.papantulisku.com/2010/model-pembelajaran-pictureandpicture.html diakses tanggal 7 Desember 2016)
Vida Safira (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture. Semarang: Universitas Negeri Semarang
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v7i8.2858