Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 23 Pincuran Tinggi Panyalaian
Abstract
The aim of this research was to describe the improvement of student’s learning outcomes in learning Natural Science by using Experiment method at 4th grade of Pincuran Tinggi Panyalaian. The subject of this research were the teacher and the students (20 students). The result of this research showed that a) there was an improvement at the lesson plan design from 85,71%% in cycle I into 94,63% in cycle II, b) in term of teacher’s aspect, the percentage enchanced from 77,5%% in cycle II to 92,5% in cycle II. Meanwhile, in term of the student’s aspect, the percentage increased from 75% in cycle I to 87,5% in cycle II, c) the student’s outcomes improved from 78,2% in cycle I to 87,7% in cycle II.
References
Anitah W, Sri dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Aprilia.2009. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD Kelas 4. Pusat Perbukuan : Jakarta
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Asy’ari,Maslichah. 2006. Penerapan pendekatan Sains teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
Budi Wahyono, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas
IV. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendididkan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Hamalik, Oemar.2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :BumiAksara
Hamalik, Oemar.2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta :BumiAksara
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Heri Sulistyanto dan Edi Wiono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas IV. Jakarta: Depdiknas
Kunandar.2007. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Moedjiono.1992.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Noehi Nasution, dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Universitas Terbuka: jakarta.
Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Poppy K. Devi dan Sri Anggraeni. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Depdiknas
Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rositawaty, S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4. Pusat Perbukuan : Jakarta
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan: Jakarta: KencanaPrenada Media Group.
Samatowa,Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks
SapriatiAmalia. 2001. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : UT
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat. Jakarta : Kencana
Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2851