Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 23 Pincuran Tinggi Panyalaian

Annisa Diva - Mahasiswa UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Mulyani zen - pembimbing 1, universitas negeri padang
Desniati Desniati - pembimbing 2 , Universitas negeri padang

Abstract


The aim of this research was to describe the improvement of student’s learning outcomes in learning Natural Science by using Experiment method  at 4th grade of Pincuran Tinggi Panyalaian. The subject of this research were the teacher and the students (20 students). The result of this research showed that a) there was  an improvement at the lesson plan design from 85,71%% in cycle I into 94,63% in cycle II, b) in term of teacher’s aspect, the percentage enchanced from 77,5%% in cycle II to 92,5% in cycle II. Meanwhile, in term of the student’s aspect, the percentage increased from 75% in cycle I to 87,5% in cycle II, c) the student’s outcomes improved from 78,2% in cycle I to 87,7% in cycle II.

 


References


Anitah W, Sri dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Aprilia.2009. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD Kelas 4. Pusat Perbukuan : Jakarta

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Asy’ari,Maslichah. 2006. Penerapan pendekatan Sains teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Budi Wahyono, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas

IV. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendididkan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Hamalik, Oemar.2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :BumiAksara

Hamalik, Oemar.2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta :BumiAksara

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Heri Sulistyanto dan Edi Wiono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas IV. Jakarta: Depdiknas

Kunandar.2007. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moedjiono.1992.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Noehi Nasution, dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Universitas Terbuka: jakarta.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Poppy K. Devi dan Sri Anggraeni. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Depdiknas

Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rositawaty, S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4. Pusat Perbukuan : Jakarta

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan: Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Samatowa,Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

SapriatiAmalia. 2001. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : UT

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat. Jakarta : Kencana

Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2851