Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode Generating Interacting Schemata and Text (GIST) di Sekolah Dasar

Yulia Rahmi - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Taufina Taufik - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
mayarnimar mayarnimar - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


The research aimed at describe the improvement of comprehension reading skill by Using Generating Interacting Schemata and Text (GIST) Method in Grade IV of SD Negeri 13 Pasar Kambang Kecamatan Lengayang Regency of South Pesisir. Research subjects were teachers (practitioners) and 20 students. The average value of the class at the pre-cycle stage of cycle I 65.00 (enough) in cycle II increases to 75.00 (B), the stage when reading cycle I 68.00 (enough) in cycle II increases to 79.00 (B) , Stage pascabaca (65.00) in cycle II increased to 74.00 (B).

 

Keywords: Reading comprehension skills, GIST methods, research results

 


References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Boliti, Sukamong. 2013.Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Lumbi-Lumbia Melalui Metode Latihan Terbimbing. (Online) http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/download/2831/1924 tanggal 08 Agustus 2017

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran. Jakarta: Puskur-BNSP.

Emzir, 2011.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.Jakarta: Rajawali Pers.

Hatmoko, Tri. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Berbahasa Jawa Dengan Metode Surtabaku. (Online) http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3031/pdf tanggal 08 Agustus 2017

Herrell Adrienne dan Michel Jordan. 2007. Fifty Strategy For Teaching Language Learning. Columbus: Pearson

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rachma, Sesilia. 2012. Budaya membaca (online) http://sesiliarachma./2012/10/artikel.html tanggal 20 April 2017

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di SD. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, 2011.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wulandari, Ilafiah. 2016. Penggunaan Metode Gist Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Eksposisi Sains Berbasis Multiliterasi Di Kelas V Sekolah Dasar. (Online) http://kd-cibiru.Upi.Edu/jurnal/index.php/atologipgsd/article/view tangg

al 13/1/2017




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2779