PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN WAKTU DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) KELAS III SD
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar siswa, karena pendekatan yang digunakan guru belum mampu menjadikan pembelajaran bermakna bagi siswa.Dimulai dari kondisi ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.PMRI merupakan pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan memulai pembelajaran dari masalah- masalah real yang biasa ditemui siswa dalam kesehariannya, siswa mengkonstruksi dan mengembangkan ide untuk menemukan konsep matematika.Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 69.93 disiklus I menjadi 82.65 di siklus II.
Kata Kunci :hasil belajar pengukuran waktu ; pendekatan PMRI
References
DAFTAR RUJUKAN
Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara
Depdiknas. 2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi
SD. Jakarta:Depdiknas
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya.Banjarmasin : Tulip
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tarigan.Daitin. 2006..Pembelajaran Matematika Realistik .Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Wijaya, Ariyadi. 2012.Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif
pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2776