PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN WAKTU DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) KELAS III SD

Rismi Yati - Universitas Negeri Padang, FIP, PGSD

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar siswa, karena pendekatan yang digunakan guru belum mampu menjadikan pembelajaran bermakna bagi siswa.Dimulai dari kondisi ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.PMRI merupakan pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan memulai pembelajaran dari masalah- masalah real yang biasa ditemui siswa dalam kesehariannya, siswa mengkonstruksi dan mengembangkan ide untuk menemukan konsep matematika.Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari  69.93 disiklus I menjadi 82.65 di siklus II.

 

Kata Kunci :hasil belajar pengukuran waktu ; pendekatan PMRI

 


 


References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara

Depdiknas. 2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi

SD. Jakarta:Depdiknas

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya.Banjarmasin : Tulip

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tarigan.Daitin. 2006..Pembelajaran Matematika Realistik .Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Wijaya, Ariyadi. 2012.Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif

pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i1.2776