PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) DI KELAS IV SD
Abstract
This class action research aimed at describing improve skills of reading understanding by using the learning methods of Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R). The subject of this research is teacher and learners of grade four elementary school 16 Balimbing. The approach used is a qualitative and quantitative. The result showed theaverage of student learning outcome on the first cycle was 73 for before reading, 51 for reading, and 55 for after reading,but on the second cycle, its average increased to 86, 70, and 75 respectively.
Kata kunci: membaca pemahaman; metode preview, question, read, reflect, recite, and review (PQ4R)References
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud
Ahcmad Sujarat. 2008. “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Tekhnik, Taktik, dan Model Pembelajaran”. (Online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pengertian pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan model pembelajaran, diakses tanggal 13 Januari 2012)
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP
Dhydiet Setya Budhy. (http://www.infoskripsi.com/researc/artikel-skripsi-penjaskes.html, diakses tanggal 21 Mei 2012)
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Masykur. 2009. “Pengertian Metode PQ4R”. (Online), (http://masykur,blogspot.com/2009/04/pengertianmetode-pq4r.html, diakses tanggal 12 Januari 2012)
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Taufina Taufik dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Suka Bina Press
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Wiraatmadja, R. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.234