PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) DI KELAS IV SD

Wittin Irayani -

Abstract


This class action research aimed at describing improve skills of reading understanding by using the learning methods of Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R). The subject of this research is teacher and learners of grade four elementary school 16 Balimbing. The approach used is a qualitative and quantitative. The result showed theaverage of student learning outcome on the first cycle was 73 for before reading, 51 for reading, and 55 for after reading,but on the second cycle, its average increased to 86, 70, and 75 respectively.

Kata kunci: membaca pemahaman; metode preview, question, read, reflect, recite, and review (PQ4R)

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud

Ahcmad Sujarat. 2008. “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Tekhnik, Taktik, dan Model Pembelajaran”. (Online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pengertian pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan model pembelajaran, diakses tanggal 13 Januari 2012)

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP

Dhydiet Setya Budhy. (http://www.infoskripsi.com/researc/artikel-skripsi-penjaskes.html, diakses tanggal 21 Mei 2012)

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Masykur. 2009. “Pengertian Metode PQ4R”. (Online), (http://masykur,blogspot.com/2009/04/pengertianmetode-pq4r.html, diakses tanggal 12 Januari 2012)

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Taufina Taufik dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Suka Bina Press

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Wiraatmadja, R. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v1i1.234