Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Bukit Cangang, Kota Bukittinggi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asep, J & Abdul, H. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presssindo
Azlina, & Zainil, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Macromediaflash 8 pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3473–3486.
Evi Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-
Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.
Gusriyenti, G. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Picture and Picture di Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Menara Ilmu, 11(74).
Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya.
Khasanah, N., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Based Learning pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25-35.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.
Jakarta: Rajawali Press.
Mahdalena, S., & Sain, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. ASATIZA: Jurnal Pendidikan 1(1): 118–38. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.63.
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pengertahuan, 4(4), 5912- 5918.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah,
Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Putri, R. E., & Zuryanty, Z. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 54-62.
Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 352. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.10457
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Saintific Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran PKn di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94-105.
Suharsimi, A., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Susanto. A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Group
Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta : Bumi Aksara
Syahria, N. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. GRAMASWARA, 2(2), 49- 62.
Syafruddin. A. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Uno, H.B., Lamatenggo, N., & Koni, S.M.A. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, N. M. S., & Astawan, I. G. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 416-427.
Wardani, IGAK, dkk. (2007). Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Zulkaida, A., Kurniati, N. M. T., Retnaningsih, Muluk, H., & Rifameutia, T. (2007). Pengaruh Locus of
Control Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ). PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil), 2, 1–4.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i2.16313