Pengembangan Media Pembelajaran Game Education Berbasis Gamifikasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model Addie. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14050
Afrianda, G., & Reinita, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Pendekatan (CTL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Ika: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 11(1), 201–212.
Anita, Y., Kenedi, A. K., Hamimah, Azizah, Z., Arwin, Safitri, S., & Khairani, R. (2023). Pelatihan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Teknologi Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 367–380.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadziyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43.
Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474
Desyandri, D., & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4, 163–174.
Eliyasni, R., Habibi, M. B., & Nurfaijah, N. (2023). Designing Mobile Game-Based Integrated Thematic Learning for Elementary School Students. Proceedings of the 3rd Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2021), 1, 71–88. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-33-6
Eliyasni, R., Habibi, M., Masniladevi, & Reinita. (2021). Parents’ and teachers’ perceptions of mobile game-based learning in integrated thematic learning in elementary school. The 3rd International Conference on Science Education and Technology (ICOSETH 2021, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0143139
Habibi, M., Zikri, A., Chandra, Suriani, A., & Azima, N. F. (2023). Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3004–3019. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8193
Lestari, N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (M. Pertiwi (ed.)). PT Penamuda Media.
Pradhana, F. R., Harmini, T., & Naufal, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Doa Harian Berbasis Android Dengan Menerapkan Metode Gamification. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), 5(2), 99. https://doi.org/10.26874/jumanji.v5i2.96
Purwanto, M. N. (2017). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Putri, H. R., & Setiawan, R. (2023). Development of Genially-Based History Learning Media To Increase Learning Interest of Senior High School Students. Harmonis Sosial Jurnal Pendidikan IPS, 10(2), 198–209.
Riyandana, E., An Ars, M. G., & Surahman, A. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Kosakata Baku Dalam Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus SD Negeri 1 Way Petai Lampung Barat). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(2), 213–225. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i2.2028
Rosly, R. M., & Khalid, F. (2013). Gamifikasi : Konsep dan Implikasi dalam Pendidikan. Pembelajaran Abad Ke-21 : Trend Integrasi Teknologi Laporan, 144–154.
Setyaningsih, T., & Farida. (2020). Analisis Pemanfaatan Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 132–149.
Viola, F. O., & Waldi, A. (2022). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus Gunung Tungga Dharmasraya. Journal of Basic Education Studies, 5(2).
Waldi, A., & Irwan. (2018). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Ekstrakurikuler Game Online E-sports di SMA 1 PSKD Jakarta. Journal Of Moral And Civic Education, 2(2), 2580–412.
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics, 13.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.16021