Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pecahan dan Desimal Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S., Kenedi, A. K. ., Masniladevi, M. (2018). “Instrumen Hots Matematika Bagi Mahasiswa PGSD.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 2(6): 905. doi:10.33578/pjr.v2i6.6530.
Amalia, R., Ariani, Y. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Di Kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi.” 5(2). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/6686.
Amelia, M. S., Masniladevi, M. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 1912–17. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/665.
Ariani, Y., Kenedi, A. K. (2018). “Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 8(2): 25–36. doi:10.21067/jip.v8i2.2520.
Arrafi, A., Masniladevi, M. (2020). “Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SD.” Journal of Basic Education Studies 3(2): 750–74. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2912.
Astimar, N., Indrawati, T. (2014). “Penggunaan Model PBL Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar X Tanah Datar.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 14(2): 98. doi:10.24036/pedagogi.v14i2.4318.
De Beer, J. (2019). “Cultural-Historical Activity Theory (CHAT) as a Practical Lens to Guide Classroom Action Research in the Biology Classroom.” The American biology teacher 81(6): 395–402. https://online.ucpress.edu/abt/article-abstract/81/6/395/92393.
Dewi, B. A., Masniladevi, M. (2021). “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD.” Journal of Basic Education Studies 4(1): 2952–68. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4068.
Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Firdaus, H. P. E. (2017). “Analisis Proses Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pecahan.” Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika 1(1): 38–49. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/421.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mailani, E. (2018). “Penerapan Pembelajaran Matematika Yang Menyenagkan.” Elementary School Journal PGSD FIP Unimed 1(1): 8–11. https://www.academia.edu/download/110155514/1286-2220-2-PB.pdf.
Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Melina, N., Masniladevi, M. (2020). “Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar FBB Dan KPK Di Kelas IV SDN Gugus 5.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 2502–7. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/736.
Miranda, G. Y., Ahmad, S. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FBB Dan KPK Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 13 Gadut Agam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 2811–18.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Sari, D. Y., Eliyasni, R. (2023). “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5(4): 224–29. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/17366.
Septiani, A., Zuardi, Z. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournaments Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 1905–11. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/664.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.15973