Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Datar Peserta Didik Kelas IVSekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agasi, D., Oktarina, R., Desyandri, & Murni, I. (2022). Pengaruh Pemakaian Gadget pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan dengan Perkembangan Psikologinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10763–10768.
Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2018). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2019). Belajar dan Pembelajaran
Ali, Mm., Hariyati, T., Yudestia Pratiwi, M., & Afifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Darmansyah, Salmiyanti, & Desyandri. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 11424–11429.
Dirgantara Wicaksono, & Iswan. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikelas iV SD Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, III(2), 111–126.
Fahrurrrozi, & Zoatul Wardi. (2020). Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Melalui Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(1), 1–11.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Izzah Salsabilla, I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. In Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (Vol. 3, Issue 1).
Kurnia, S., & Desyandri. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Media Quiziz Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Journal of Basic Education Studies, 5(2).
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas IIb SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum. Interes Medi.
Miswari. (2017). Mengelola self efficacy, perasaan dan emosi dalam pembelajaran melalui manajemen diri. Cendikia, 15(1), 68–82.
Mulyaarja, & Tri Ani Hastuti. (2015). Peningkatan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dengan metode permainan siswa kelas IV SD Negeri Banyuraden Gamping Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2), 111– 117.
Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandri, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.
Ramdiana, H. (2020). Apersepsi pembelajaran melalui cerita lucu untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru denganmetode pembelajaran tutor teman sebaya. Nal Kajian Tekhnologi Pendidikan, 3(1), 128. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal 0f Moreland Civic Education, 4(2), 88–96.
Suryandaru, N. A. (2020). Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03, 88–91. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda
Vera, N. (2020). Strategi Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 08(02), 165– 177.
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Aktuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.
Wulandari, C. A., Rahmaniati, R., & Kartini, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.15925