Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Application Creator (SAC) Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77.
Arwin, A., Yunisrul, Y., & Zuardi, Z. (2019). Learning Make A Match Using Prezi in Elementary School in Industry 4.0. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 426- 429). Atlantis Press.
Azizah, A,R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Fahri, A. (2022). Smart Apps Creator (Sac) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Di Smait Insan Mulia Boarding School. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(2), 200–209.
Fauzan & Fathul Arifin. (2022). Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kencana.
Fikri, Hasul & Ade Sri Madona. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.
Gunawan & Asnli Aidah Ritonga. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Jakarta: Rajawali Pers.
Huzaima Mas’ud, Mulyanto, A., Rijal, B. S., Muthia, M., & M, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC). Jurnal Teknik, 21(1), 32–42.
Kaban, A. S. (2022). Tantangan Dalam Menjadi Pendidik Di Era Revolusi. Tesis Commons, 1, 1–6.
Meilinda, P. (2022). Tantangan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pada Abad 21. 1–9.
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Munir. 2015. MULTIMEDIA : Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Muslimah. (2023). Inovasi Pendidikan Abad 21: Meningkatkan Pembelajaran Di Era Digital. Banjarmasin : Universitas Lambung Mangkurat.
Nawawi, M., Laili, M., & Christanti, A. (2022). Analysis of Students’ 4C Skills Based on the Pedagogy Multiliteracies Model. Jurnal Scientia, 10(2), 233–241.
Sadiman, S.A., dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Penerbit Raja
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–11.
Sanaky, Hujair AH. (2015). Media Pembelajran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sani, Ridwan Abdullah. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setroyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Malang: Prenadamedia Group.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. In Journal of Physics: Conference Series. 1823 (1). IOP Publishing.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003.
Sukiman. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Syafira, S., & Ahmad, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran SAC (Smart Application Creator) dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17497–17502.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.15858