Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjani, D. (n.d.). Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Kebersamaan dalam Kebergaman. Didakti : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.4 No. 248–249. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.74
Arifin, Z. (2015). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penilaian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Amelia Ilhami, W. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34289/277895
Astuti, M. S. (2014). Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Mengunakan Model Discovery Learning. Scholaria, 4(3), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p10-23
Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Damasitha et al. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Perkembangan Peserta Didik SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Akademika, P-ISSN: 1907-3984
Fitria, Y., Eliyasni, R., & Yukitama, R. (2018). Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) melalui Model Discovery Learning Change Of Science Learn Of Elementary School Students In Discovery Model Integrated Theamtic Learning. 2(2). http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Hasan Syahrizal, M. J. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, Volume 1 Nomor 1 Mei.
Kristin, F., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2 No.1. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Lestari, D. E., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 842–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.841
Marzuqi, I. (2019). Keterampilan Berbicara. Surabaya: Istana Grafika.
Miasari, N. P., & Renda, N. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27452
Novita Karim, C. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 No 3. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.679
Putri, M. L., & Sukma, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sdn 15 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 No 3. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.699
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D 25th Ed. . Bandung: Alfabeta.
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832
Syahrizal, H. (2023). Jenis-Jenis Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1 No 1(Mei). https://doi.org/https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Watipah, Y. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education, 1 No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501
Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Zuryanty, Z., Hamimah, H., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Chandra, R., Aosi, G., & Kenedi, T. E. P. (2023). The Effect of Android-Based Science Learning Media on Critical Thinking Skills of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic. In Proceedings of the 3rd Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2021) (pp. 96–102). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-33-6_11
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.15807