Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Padang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., & Ijrah, S. (2018). Hubungan Motivasi Belajaar dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 21-29.
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2020). Belajar & Pembelajaran (Teori dan Implementasi). (Jusmawati, Penyunt.) Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Baharuddin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. (M. Sandra, Penyunt.) Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
BSKAP. (2021). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.
BSKAP. (2022). SK 033 tentang Perubahan SK 008 tentang Capaian Pembelajaran. Jakarta.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Helmiati. (2013). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Indonesia. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. (R. K. Ratri, Penyunt.) Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ismail, F. (2018). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. (M. Astuti, Penyunt.) Jakarta: Kencana.
Isnaeni, S. N., & Sumilah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif, 9(1).
Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance the ARCS Model Approach. Dipetik July 17, 2023, dari Springer: https://link.springer.com/book/10.1007/978-1-4419-1250-3
Kemenkeu. (2021). Usaha Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Mandatory Spending Anggaran Pendidikan. Dipetik July 17, 2023, dari Direktorat Jenderal Anggaran: https://anggaran.kemenkeu.go.id/in/post/ usaha-meningkatkan-kualitas-pendidikanmelalui- mandatory-spending-anggaranpendidikan-
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Muis, A. A. (2013). Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Istiqra', 29-38.
Munirah. (2018). Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, V(1), 116-125.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rahmat, P. S. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Rangkuti, A. A. (2017). Statistika Inferensial untuk Psikologi & Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Ratcliffe, S. (2017). Oxford Essential Quotation Fifth Edition. Diambil kembali dari https://www.oxfordreference.com/display/10.1093/acref/9780191843730.001.0001/q-oro-ed5-00007046?rskey=zBnBb1&result=2441
Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. (T. Wibowo, Penerj.) Jakarta: Kencana.
Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Statistika. Surabaya: Airlangga University Press.
Sinambela, L. P. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi, dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi, M. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukartini, & Baihaqi. (2019). Teori Psikologi Pendidikan. Dalam U. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP, M. Ali, M. Ibrahim, N. S. Sukmadinata, D. Sudjana, & W. Rayidin (Penyunt.), Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 1 (hal. 125-144). Bandung: Sandiarta Sukses.
Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian (2 ed.). Jakarta: Rajawali Press.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Suyabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Yusuf, S. (2019). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V Gugus V Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 12(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i3.15259