Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adetya, O., & Desyandri, D. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar Improvement of Integrated Thematic Learning Outcomes Using The Problem Based Learning (Pbl) Model in Elementary School. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(12), 1-13.
Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347
Ariyani, Bekti dan Firosalia Kristin. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (2).
Arzfi, B. P., Desyandri, D., Erita, Y., & Zen, Z. (2023). Integrated Thematic Teaching Materials With Microsoft Sway Based on Problem Based Learning Model in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(1), x–xx. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Baswori, Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rineka cipta.
Elliot.J. (1993). Action Research for Educational Change, Phildelphia: Open University Press.
Jihan dan Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jogjakarta: Multi Presindo.
Jihad dan Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (1).
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemmis S.Mc. Taggart. R. (1992). The Action Research Planne. Victoria: Deaken Unuversity.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Maryana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problembasedlearning(Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD Negeri 35 Palembang. Journal Scholastica 2 (1).
Muslich, M. (2012). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta:Bumi Aksara.
Nadila dan Sukma. E. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 19 Koto Taratak Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai 4 (3).
Nugrahani F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.Surakarta.https://library.stiba.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/ZTAyMWVkYzVlNTY4NWMyYWI1NjZhNThmNjIyOTYzZDg 3YWUxYjdjNA==.pdf
Norliani, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Pahirangan. Penisi Journal PGSD, 2 (2).
Susanto, A. (2014). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta:Kencana.
Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Sari, N., & Desyandri, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 7 Kelas IV SD Negeri 13 Guguak Randah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1290–1296.
Taufik, T. & Muhammadi. (2012). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RAN& Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Ummamy, Raudhatya dan Sukma. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Teerpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 34 Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies 5 (2).
Widoyoko, E P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, Oktavia dan Taufina. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4 (1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i2.14674