Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model CIRC di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda Rusydi dan Abdillah. Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, LaNdasan, Fungsi, Prinsip dan Model). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Desyandri, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Talking Stick di Kelas V Sekolah Dasar. 6. https://doi.org/10.31227/osf.io/pfhwg
Jenisa, K., & Lubis, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Tgb Smk Negeri 1 Lubuk Pakam. Educational Building, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.24114/eb.v2i1.3850
Kebudayaan, K. P. dan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudyaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Dengan. 1-6
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Mukhid, Ahd.2021. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: Jakad Media Publishing
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Pramita, C., & Ariani, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning Pada Tema 8 di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education. e-ISSN: 2656-6702 Studies Vol.4 No.1.
Pratita, I. I. (2017). Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (DOKKAI) Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Satra Jepang Universitas Negeri Surabaya. Asa, 4, 1–11. http://journal.unesa.ac.id/index.php/asa%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/view/2475
Ratnayanti, S. (2020). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK Vol. 9 No. 2, Juli 2020. 9(2).
Safitri, F., & Desyandri, D.2020. Peningkatan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tematik Terpadu Kelas IV SD The implementation of discovery learning model to improve students learning outcomes on thematic integrated learning. 8, 196–206.
Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600
Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087
Sukma, Hennita, dan Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Tambusai 4 (3):2875-81
Watipah, Y. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. 1(1), 12-23.
Winarto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2016.
Yasmin, F. (2018). “ Penerapan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa”. Cokroaminoto Journal of Primary Education. 1(1), 52-57
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, Dan,Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i2.14499