Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Maisyarah Maisyarah - Universitas Negeri Padang
Mai Lena - Universitas Negeri Padang

Abstract


Pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar diperlukan model pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik khususnya saat bekerja sama di kelompok. Penelitian ini berangkat dari kegiatan belajar saat ini lebih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang mandiri dalam memperoleh pengetahuan. Siswa juga cenderung kurang aktif, dan siswa masih belum bisa berfikir kreatif dalam kegiatan belajar. Selain itu penggunaan pembelajaran berbasis proyek belum efektif dilaksanakan oleh guru. Salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan adalah modelProjectBased Learning (PjBL).Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode penelitian studi literature. Pengumpulan data dilakukan dengan mengolah dan menganalisis sumber referensi dari buku atau jurnal ilmiah melalui penelusuran online di Google Scholar. Dari hasil penelitian 15 jurnal menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar, kreativitas, dan keterampilan siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.


Keywords


Pembelajaran Tematik Terpadu; Model Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Amini, R. (2015). Pengaruh penggunaan project based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jurnal FKIP UMM

Andari,Ni Made Nepri. Dkk. 2016. Penerapan Model Project Based Learning BerorientasiPendidikan Karakter Untuk MeningkatkanHasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SDN 20 Dangin Puri, Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016

Anu, B., Ruminiati, R., & Furaidah, F. (2017, May). Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 630-636).

Azizah,Aninda Nurul. Dkk. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika MelaluiModel Project Based Learning Siswa Kelas V SD, Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 194-204

Cahyadi, Edi Dkk. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar, Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 205-218

Devi, Swastantika Kumala. Dkk. 2019. Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar TematikMelalui Project Based Learning,Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 55-65

Gunawan, Bayu Dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based LearningUntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dan KemampuanBerfikir Kreatif Siswa Kelas V SD, Vol 2 No 1, 2 May 2018

Hartono, Deni Puji, 2018. PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PjBL Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa, 1-11

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Izati, S. N., Wahyudi, W., & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(9), 1122-1127.

Kristiani, Maria. 2018. Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Pop-Up BookUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Kelas Iv, (6) 1-6

Lena,M.S.,dkk. (2019). Metode Penelitian. Purwokerto: CV IRDH

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media

Mawardi, M., Wardani, N. S., Hardini, A. T. A., & Kristin, F. (2019). Model Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Kontekstual Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 48-61.

Melfianora. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Studi Litelatur, 1–3.

Monika, Vera Dkk. 2019. Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga, 6 (1) 11-21

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 22(4), 385-395.

Pratiwi, Eka Ari Dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 8 (2) 177-182.

Rahmawati, H., Syahrilfuddin, S., & Noviana, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 018 Sungai Keranji (Doctoral dissertation, Riau University).

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, M & Asmendi. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Reasearch) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA, dan Pendidikan IPA, 6(1), 44.

Sa’adah, Muti’atus. Dkk. 2019. Peningkatan Kebermaknaan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui DesainPembelajaran Tematik Terpadu Alternatif Berbasis Projek PadaSiswa Kelas 5, Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 1-14

Septiasih, Ni Wayan Ari. Dkk. 2016. Penerapan Project Based Learning BerbantuanVideo Untuk Meningkatkan AktivitasDan Hasil Belajar Ipa Di SD, Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016

Setyawan, Ramadhan Indra Dkk. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Proyek(Project Based Learning) UntukMeningkatkan Hasil Belajar, Volume 2, Nomor 2 Agustus 2019

Surono,Eunike Tabita. Dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based LearningUntuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa

Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Sub Tema 1 KekayaanSumber Energi Indonesia Kelas 4 Sd Negeri Patemon 01, Volume 3 Nomor 3 Tahun 2019

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).

Taufina, T., & Ratih, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Pembelajaran Paikem Gembrot Di Kelas Iv Sekolah DASAR. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(3), 253-260.

Yarsina, F. (2016). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Bamboo Dancing Di Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1).

Yetra, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas Iv Sd Negeri 030 Palembang. Buah Hati Journal, 6(2), 175-189.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132