Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Kelas 3 SD Negeri 2 Bangoan
Abstract
The speaking skills intended in this study are the skills to express the articulation sounds or language sounds to express, express, or convey one's ideas, thoughts and feelings to be understood by others. The purpose of this study is to describe the data on how the analysis of students' speaking skills on the theme of energy 6 and the changes in sub-theme 1 energy source class III SD Negeri 2 Bangoan. The research approach used is a qualitative approach and the type of research used is descriptive. Related to data collection methods using interviews, tests and documentation. Interview and test methods are used to obtain information about students' speaking skills. Data analysis uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study revealed that the sample taken by the researcher was one male student and one female student said male students were more skilled at speaking than female students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rofi‟uddin & Darmiyati Zuhdi. (1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.
Ayu, R. G. (2018). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B2 DI TK AISYIAH BUSTANUL
ATHFAL TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA” Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1439
Andriani, Dini. (2017). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA
KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KEMBARAN WETAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA SKRIPSI” Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Astuti, Riani. (2015). “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA POP UP SISWA KELAS III SD NEGERI GEMBONGAN
KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN
/2015” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Baum, P. (1918). diperoleh dari http://www.mendeley.com/catalog/08745432-b51b-3e5aaa5f-d94ad6614de7/
Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessmenr: Principles and Classroom Practice. New York: Peardon Education Company
Burhan Nurgiyantoro, (2009). Penilaian dalam Pengajaean Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BEE
Dervis, B. (2013). diperoleh dari http://www.mendeley.com/research/e090db1f-a6ad-320fbae1-b7f528190ce2/
Freman, (2013). diperoleh dari http://www.mendeley.com/research/e090db1f-a6ad-320f-bae1b7f528190ce2/
Henry Guntur Tarigan. (2008). Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Intansari, R. (2017). “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNG
SENANG BANDAR LAMPUNG” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Isnani. (2013). “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE
BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2
WATES” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Kundharu Saddhono & Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Kusuma, Wardani. dkk. (2013). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KARANGSARI” PGSD FKIP UNS
Maccari, B. (2011). diperoleh dari http://www.mendeley.com/research/953995da-62d3-3575ab42-8bdcb14f4ddb/
Masruroh, L. dkk. (2018). ”PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPS KELAS III SD YPI DARUSSALAM CERME-GRESIK” PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya
Mcgeoch, D. J. (2001). “MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI”
Mudini Salamat Purba. (2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Nunan, David. (1999). Second Language and Learning. Boston: Heinle& Heinle
Rahimah. (2017). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 003 TEMBILAHAN KOTA
KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR” Sdn 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan
Sabarti Akhadiah, dkk. (1993). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Sanjaya Yasin. (2011). Keterampilan Berbahasa ǀ Pengertian, Jenis. Diakses dari http://www.sarjanaku.com/2011/08/keterampilan-berbahasa.html
Satria. (2008). Pengertian Keterampilan dan Jenisnya. Diakses dari
http://id.shvoong.com/business-management/human-resources/2197108pengertianketerampilan-dan-jenisnya/
Siregar, R. F. (2018). “PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (BIG BOOK)
DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA NURUL IMAN KECAMATAN PANTAI CERMIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI T.P 2017/2018” Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri
Widdowson, H.G. (1978). Teaching Languange as Communication. Oxford: Oxford University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i3.10101