Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Kelas 3 SD Negeri 2 Bangoan

Nency Nency Margareta - Universitas Bhineka PGRI Tulung Agung

Abstract


The speaking skills intended in this study are the skills to express the articulation sounds or language sounds to express, express, or convey one's ideas, thoughts and feelings to be understood by others. The purpose of this study is to describe the data on how the analysis of students' speaking skills on the theme of energy 6 and the changes in sub-theme 1 energy source class III SD Negeri 2 Bangoan. The research approach used is a qualitative approach and the type of research used is descriptive. Related to data collection methods using interviews, tests and documentation. Interview and test methods are used to obtain information about students' speaking skills. Data analysis uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study revealed that the sample taken by the researcher was one male student and one female student said male students were more skilled at speaking than female students.


Keywords


Discovery Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rofi‟uddin & Darmiyati Zuhdi. (1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Ayu, R. G. (2018). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B2 DI TK AISYIAH BUSTANUL

ATHFAL TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA” Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1439

Andriani, Dini. (2017). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA

KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KEMBARAN WETAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA SKRIPSI” Fakultas Tarbiyah Dan

Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Astuti, Riani. (2015). “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA POP UP SISWA KELAS III SD NEGERI GEMBONGAN

KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN

/2015” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Baum, P. (1918). diperoleh dari http://www.mendeley.com/catalog/08745432-b51b-3e5aaa5f-d94ad6614de7/

Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessmenr: Principles and Classroom Practice. New York: Peardon Education Company

Burhan Nurgiyantoro, (2009). Penilaian dalam Pengajaean Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BEE

Dervis, B. (2013). diperoleh dari http://www.mendeley.com/research/e090db1f-a6ad-320fbae1-b7f528190ce2/

Freman, (2013). diperoleh dari http://www.mendeley.com/research/e090db1f-a6ad-320f-bae1b7f528190ce2/

Henry Guntur Tarigan. (2008). Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Intansari, R. (2017). “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN

KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNG

SENANG BANDAR LAMPUNG” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Isnani. (2013). “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE

BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2

WATES” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Kundharu Saddhono & Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Kusuma, Wardani. dkk. (2013). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KARANGSARI” PGSD FKIP UNS

Maccari, B. (2011). diperoleh dari http://www.mendeley.com/research/953995da-62d3-3575ab42-8bdcb14f4ddb/

Masruroh, L. dkk. (2018). ”PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPS KELAS III SD YPI DARUSSALAM CERME-GRESIK” PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya

Mcgeoch, D. J. (2001). “MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI”

Mudini Salamat Purba. (2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Nunan, David. (1999). Second Language and Learning. Boston: Heinle& Heinle

Rahimah. (2017). “PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 003 TEMBILAHAN KOTA

KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR” Sdn 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan

Sabarti Akhadiah, dkk. (1993). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sanjaya Yasin. (2011). Keterampilan Berbahasa ǀ Pengertian, Jenis. Diakses dari http://www.sarjanaku.com/2011/08/keterampilan-berbahasa.html

Satria. (2008). Pengertian Keterampilan dan Jenisnya. Diakses dari

http://id.shvoong.com/business-management/human-resources/2197108pengertianketerampilan-dan-jenisnya/

Siregar, R. F. (2018). “PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (BIG BOOK)

DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA NURUL IMAN KECAMATAN PANTAI CERMIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI T.P 2017/2018” Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri

Widdowson, H.G. (1978). Teaching Languange as Communication. Oxford: Oxford University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i3.10101